4 Pilihan Penyimpanan Online anti full storage

Iklan Satu Atas

solorayaberita.com – Pilihan Penyimpanan Online – Penyimpanan menjadi hal yang sangat penting di beberpa tahun ini terutama penyimpanan digital untuk menyimpan file seperti foto, video, dokumen dan lain sebagainya. Meskipun saat ini beberapa smartphone, tablet, dan laptop menawarkan penyimpanan yang fantastis mencapai 1 TB, namun kebanyakan user tidak cukup meskipun gadget mereka memiliki pemyimpanan sebesar itu. Solusi dari kurangnya penyimpanan tentu bisa di atasi menggunakan penyimpanan eksternal seperti flashdisk, hardisk, ssd, dan lain sebagainya.  Namun terkadang dengan selalu membawa penyimpanan eksternal malah menjadikan kita sebagai user kurang simple karena harus membawa perangkat yang cukup besar dan memakan tempat. Maka dari itu munculah inovasi penyimpanan digital yang tidak memerlukan lagi ruang lebih saat kita bepergian. Kamu tinggal membawa gadgetmu penyimpanan online ini dapat terhubung secara langsung dimanapun kamu berada dengan syarat kamu terhubung dengan jaringan internet tentunya. Lalu apa saja sih penyimpanan digital yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan data-datamu denga naman? Simak penjelasan berikut ini.

  • iCloud

Icloud merupakan sebuah platform media penyimpanan besutan dari Apple yang dapat digunakan dengan mudah di semua perangkatnya seperti Iphone, Ipad, Macbook, dan iMac. Cukup dengan login akun icloud kamu di perangkat milik Apple maka kamu akan langsung terhubung dengan penyimanan digital milik apple tersebut. Icloud memberikan jatah penyimpanan gratis buat kamu yang tidak mau berlangganan namun penyimpanan yang diberikan juga tidak besar yaitu hanya 5 GB saja. Sangat kecil sekali jika teman-teman memiliki iphone atau ipad dengan kapasitas hanya 64 atau 128 gb tentunya. Namun jika kamu mau mengeluarkan uang untuk berlangganan, harga yang ditawarkan oleh apple untuk mendapatkan penyimpanan tambahan juga cukup terjangkau. Berikut daftarnya :

50 GB    = Rp 15.000/bulan

Iklan Dua Tengah

200 GB = Rp 45.000/bulan

2 TB       = Rp 149.000/bulan

6 TB       = Rp 449.000/bulan

12 TB    = Rp 899.000/bulan

Biaya langganan tersebut harus tetap dibayarkan setiap bulannya baik melalui kartu kredit maupun bisa menggunakan dompet digital yang terhubung dengan icloud seperti Dana.

Lalu bagaimana dengan pengguna android apakah bisa menikmati fitur-fitur dari icloud. Sayangnya secara legal android tidak dapat menggunakan penyimpanan online besutan Apple ini. Namun jangan khawatir, pilihan penyimpanan online tidak hanya icloud saja. Google juga memiliki produk serupa yang dapat kamu nikmati layanannya.

  • Google drive

Jika apple memiliki icloud, maka google mempunyai google drive. Sama halnya seperti icloud, google drive atau yang sering disebut gdrive juga memberikan layanan penyimpanan secara online. Bedanya jika icloud hanya bisa digunakan di perangkat milik apple, gdrive dapat digunakan disemua perangkat baik berbasis android ataupun ios. Jika kamu memiliki akun email dari google maka kamu telah memiliki jatah google drive sebesar 15 GB yang bisa kamu pakai secara gratis. Jika menurut kamu penyimpanan gratis yang diberikan masih kurang kamu juga bisa berlangganan untuk menambah jumlah penyimpanan online kamu. Tarif yang diberikan google cukup variatif dan kamu dapat memilih untuk melakukan langganan secara bulanan maupun tahunan. Tarif yang dibebankan google yaitu

100 GB = Rp 27.000/bulan

200 GB = Rp 43.000/bulan

2 TB       = Rp 135.000/bulan

Atau kamu bisa berlangganan secara tahunan dan dengan harga sebagai berikut :

100 GB = Rp 269.000/tahun

200 GB = Rp 430.000/tahun

2 TB       = Rp 1.350.000/tahun

Menurut klaim dari google jika kamu berlangganan secara tahunan maka kamu akan dapat berhemat sebanyak 16% disbanding jika kamu berlangganan secara bulanan.

Baca juga : Penyimpanan Energi Terbarukan

  • Dropbox

Dropbox juga merupakan penyimpanan online yang sudah cukup lama ada. Dropbox pada awal kemunculannya cukup tenar karena memberikan pilihan penyimpanan tanpa harus membawa penyimpanan eksternal dan dengan satu akun dapat dimanfaatkan oleh beberapa device yang kita miliki. Dropbox sendiri dapa digunakan disemua operating system yang ada seperti ios dan android. Untuk penyimpanan gratis yang diberikan sangat kecil yaitu 2 GB. Sedangkan untuk berlangganan paket dari dropbox cukup mahal dan dimulai dari paket 2TB. Berapa saja paket yang diberikan oleh dropbox? Mari kita lihat dibawah ini.

2 TB       = $ 11.99/bulan atau setara 180 ribuan

3 TB       = $ 22 /bulan atau setara 340 ribuan

Itu digunakan oleh perorangan atau 1 pengguna. Untuk paket yang lebih besar digunakan oleh tim atau digunakan untuk bisnis. Sama seperti gdrive, dropbox juga memberikan pilihan berlangganan secara tahunan.

 

  • Microsoft onedrive

Microsoft juga tidak mau ketinggalan dalam teknologi penyimpanan online. Produk yang dikeluarkan Microsoft diberi nama onedrive. Sama halnya seperti dropbox dan gdrive, Microsoft onedrive ini dapat digunakan disemua jenis operating system baik ios maupun android. Namun basic dari Microsoft onedrive ini adalah penyimpanan data yang didapatkan saat kamu membuat akun Microsoft. Pada saat awal kamu melakukan pendaftaran akun Microsoft, maka secara otomatis kamu akan memiliki penyimpanan onedrive sebesar 5 GB. Tentunya kamu juga dapat melakukan pembelian paket berlangganan milik Microsoft onedrive tersebut akan tetapi kamu tidak dapat hanya berlangganan onedrive jika kamu menginginkan paket penyimpanan lebih dari 100 GB. Seperti apa sih paket langganan yang diberikan?

100 GB = Rp 320.000 / tahun

1 TB       = Rp 960.000 / tahun termasuk fitur premium dari Microsoft office 365

6 TB       = Rp 1.300.000 / tahun termasuk fitur premium dari Microsoft office 365 dan dapat digunakan oleh 6 pengguna. Jadi jika kamu menggunakan paket yang paling mahal, kamu dapat patungan dengan teman atau keluarga kamu untuk menikmati fitur terbaik dari Microsoft 365.

 

Demikian pembahasan mengenai penyimpanan online yang dapat kami jabarkan. Tentunya penyimpanan online yang beredar saat ini tidak hanya itu saja, banyak produk penyimpanan online lainnya yang bisa kamu nikmati fitur-fiturnya. Bahkan jika kamu memiliki budget lebih, kamu dapat membuat media penyimpanan online sendiri dirumahmu dan dapat kamu gunakan sesukamu tanpa harus berlangganan setiap bulannya. Untuk lebih jelasnya silahkan buka artikel kami lainnya mengenai Membuat Penyimpanan Online / Cloud Storage sendiri dirumahmu.

 

 

 

 

Iklan Tiga Bawah