Berbagai jenis pemasaran afiliasi

Iklan Satu Atas

Program pemasaran afiliasi tidak pernah sepopuler sekarang. Mengapa? Mungkin ada beberapa alasan untuk ini. Namun, alasan yang paling mungkin adalah fakta bahwa manfaat pemasaran afiliasi sekarang lebih jelas bagi banyak orang daripada sebelumnya.

Saat ini, baik pedagang maupun afiliasi dapat dengan jelas melihat bahwa pemasaran afiliasi dapat bermanfaat bagi keduanya. Pedagang saat ini melihat pemasaran afiliasi sebagai peluang untuk mengiklankan produk mereka dengan biaya yang lebih rendah. Di sisi lain, afiliasi melihat pemasaran afiliasi sebagai cara mudah untuk mendapatkan keuntungan secara online dengan melakukan apa yang paling mereka sukai – membuat situs web.

Seiring dengan meningkatnya popularitas pemasaran afiliasi, pandangan orang terhadapnya juga berubah. Saat ini, pemasaran afiliasi tidak lagi dipandang sebagai metode alternatif bagi pedagang untuk mengiklankan produk mereka, atau sebagai sumber penghasilan tambahan bagi afiliasi. Baik bagi merchant maupun afiliasi, pemasaran afiliasi sekarang dianggap sebagai sumber keuntungan dan pendapatan yang penting.

Iklan Dua Tengah

Pertanyaannya sekarang adalah jenis pemasaran afiliasi mana yang paling cocok untuk Anda. Apakah semua program pemasaran afiliasi itu sama? Apakah manfaatnya sama? Atau adakah program pemasaran afiliasi yang bekerja lebih baik daripada yang lain?

Ada berbagai jenis atau kelas pemasaran afiliasi dan jumlah jenisnya tergantung pada bagaimana Anda mengklasifikasikannya. Namun, program pemasaran afiliasi yang paling dasar berada di bawah dua kategori: bayar per klik (PPC) dan bayar per kinerja (PPP).

  • Bayar per klik (PPC)

PPC adalah bentuk pemasaran afiliasi yang paling populer untuk afiliasi dengan situs web kecil dan mungkin merupakan cara termudah untuk menghasilkan uang. Dalam bentuk pemasaran afiliasi ini, pedagang membayar afiliasinya setiap kali pengunjung dirujuk ke situsnya, yaitu ketika seseorang mengklik banner atau iklan teks pedagang. Afiliasi dibayar dalam jumlah tertentu meskipun pengunjung yang dirujuknya tidak membeli apa pun di situs pedagang. Namun, biaya umum untuk program afiliasi PPC adalah kecil, biasanya tidak lebih dari satu dolar untuk setiap klik.

  • Bayar per kinerja (PPP)

Pemasaran afiliasi PPP adalah yang paling populer di antara para pedagang dan juga jenis yang paling menguntungkan bagi para afiliasi. Dalam jenis program afiliasi ini, pedagang membayar afiliasi hanya ketika referralnya dikonversi menjadi sebuah tindakan, yaitu ketika pengunjung yang ia referensikan benar-benar membeli sesuatu di situs pedagang atau ketika pengunjung tersebut menjadi prospek. Ini berarti banyak penghematan bagi pedagang. Di sisi lain, ini menjadi jenis yang paling menguntungkan bagi afiliasi khusus, karena komisi dalam pemasaran afiliasi PPP biasanya antara 15% dan 20% dari penjualan produk yang sebenarnya.

Pemasaran afiliasi bayar per kinerja dapat dibagi lagi menjadi dua jenis yang populer: bayar per penjualan (PPS) dan bayar per prospek (PPL).

  • Bayar per penjualan (PPS)

Dalam jenis pemasaran afiliasi bayar-per-penjualan, pedagang membayar afiliasi dengan biaya tertentu setiap kali pengunjung yang dirujuk ke situs pedagang benar-benar membeli sesuatu dari situs pedagang. Afiliasi sering kali dibayar berdasarkan komisi, meskipun pedagang lain memilih untuk membayar biaya tetap. Namun, apa pun dasar pembayarannya, umumnya lebih tinggi daripada biaya yang dibayarkan kepada afiliasi dalam program afiliasi bayar per klik.

  • Bayar per prospek (PPL)

Jenis pemasaran afiliasi bayar per prospek adalah sedikit variasi dari jenis PPS dan sering digunakan oleh asuransi, keuangan, dan perusahaan lain yang mengandalkan prospek untuk mengembangkan bisnis mereka. Dalam jenis pemasaran afiliasi ini, afiliasi dibayar ketika pengunjung yang ia referensikan ke situs pedagang mengisi formulir aplikasi atau formulir serupa yang terkait dengan bisnis perusahaan. Remunerasi untuk jenis pemasaran afiliasi ini didasarkan pada biaya tetap yang nilainya mendekati biaya tetap pada jenis PPS.

Selain tiga jenis pemasaran afiliasi spesifik ini, ada banyak jenis pemasaran afiliasi lainnya. Jika klasifikasi didasarkan pada kedalaman jaringan afiliasi, maka dapat diklasifikasikan sebagai pemasaran afiliasi tingkat tunggal, dua tingkat, dan multi tingkat. Ada juga jenis pemasaran afiliasi lain yang membayar afiliasi setiap kali pelanggan yang dirujuknya membeli sesuatu di situs pedagang.

  • Pemasaran afiliasi tingkat tunggal, dua tingkat, dan multi-tingkat

Jenis pemasaran afiliasi ini didasarkan pada tingkat atau tingkatan yang berbeda dalam jaringan afiliasi tempat pembayaran dilakukan. Dalam program pemasaran afiliasi tingkat tunggal, afiliasi dibayar hanya berdasarkan penjualan langsung atau lalu lintas yang dirujuk ke pedagang. Semua jenis pemasaran afiliasi yang disebutkan sebelumnya (yaitu PPS< PPL, dan PPC) termasuk dalam klasifikasi tingkat tunggal.

Dalam program pemasaran afiliasi dua tingkat, afiliasi dibayar tidak hanya untuk lalu lintas langsung atau penjualan yang dia rujuk ke situs pedagang, tetapi juga untuk lalu lintas atau penjualan yang dirujuk oleh beberapa afiliasi lain yang telah bergabung dengan program afiliasi melalui rekomendasinya. Pemasaran afiliasi multi-tier bekerja dengan cara yang sama, meskipun afiliasi mendapatkan komisi tambahan untuk jumlah afiliasi yang lebih banyak di berbagai tingkatan dalam jaringan afiliasi.

  • Pemasaran afiliasi pendapatan residual

Dalam pemasaran afiliasi pendapatan residual, afiliasi tidak dibayar hanya sekali untuk setiap pelanggan yang dia rujuk ke situs pedagang. Sebaliknya, afiliasi juga dibayar ketika pelanggan yang ia referensikan kembali ke situs tersebut dan membeli produk lain. Remunerasi untuk jenis pemasaran afiliasi ini didasarkan pada komisi penjualan atau biaya tetap.

Berbagai jenis pemasaran afiliasi hampir semuanya bekerja secara berbeda untuk pedagang dan afiliasi, dan masing-masing umumnya memiliki daftar manfaatnya sendiri. Jadi jenis pemasaran afiliasi yang seperti apa paling cocok untuk Anda? Saya tidak bisa mengatakannya. Terserah Anda untuk memilih jenis program pemasaran afiliasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik Anda.

Iklan Tiga Bawah