Cara Memasak Nasi Agar Pulen

Iklan Satu Atas

Berita Solo Raya – Nasi merupakan makanan pokok warga Masyarakat Indonesia pada umumnya. Bahkan sampai ada selogan yang banyak beredar dimasyarakat “belum makan kalua belum makan nasi” meskipun sudah makan mie instan 2 bungkus masih dihitung belum makan. Itulah uniknya Masyarakat Indonesia. Kesukaan akan makan nasi juga berpengarh dengan tekstur dari nasi itu sendiri karena ada Sebagian orang yang suka makan nasi pera, ada juga yang suka nasi yang lembek karena kebanyakan air, dan ada yang suka nasi pulen. Namun tidak banyak orang yang bisa memasak nasi dengan baik agar nasi tersebut menjadi pulen. Sebelum lanjut arti pulen sendiri merupakan kondisi nasi yang empuk tidak keras dan tidak lembek.

Selain karena factor beras yang mempengaruhi Tingkat pulen dari nasi, ternyata cara memasaknya pun mempengaruhi hasil dari nasi tersebut. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin memasak nasi agar pulen? Simak cara memasak nasi agar pulen di bawah ini.

  • Ambilah beras sesuai takaran kebutuhan untuk berapa orang. Jika kamu memasak nasi menggunakan rice cooker lihatlah takaran minimal dan maksimal beras yang bisa dimasak dalam sekali sesi. Jangan terlalu sedikit karena biasanya saklas otomatisnya tidak bisa di switch dan jangan terlalu banyak juga karena jika terlalu full maka nasi akan keras dan tidak matang.
  • Cuci beras sampai bersih. Sebelum beras dicuci, akan lebih baik jika kamu menyortir atau memeriksa kebersihan beras terlebih dahulu untuk membuang barang barang yang keras dan berat dan tidak bisa mengambang saat didalam air seperti batu kecil, gabah, atau kotoran lainnya yang terselip di antara bulir beras.
  • Setelah dirasa bersih atau jika setelah dicuci air cucian beras sudah tidak terlalu keruh atau lebih bening dari pencucian awal, masukkan beras ke dalam pancinya. Kemudian masukkan air bersih kedalam panic berisi beras hingga satu ruas jari telunjuk di atas permukaan beras.
  • Lalu masukan panci itu kedalam rice cooker dan tutup rapat.
  • Tekan tombol switch yang tersedia di rice cooker tersebut hingga lampu tanda “cook” menyala dan tunggu hingga lampu tersebut mati dan lampu indicator “warm” menyala.
  • Setelah matang atau saat lampu indicator “cook” mati diamkan dulu kurang lebih 5 sampai 10 menit agar uap uap nya hilang.
  • Nasi siap disajikan.

Nasi merupakan sumber karbohidrat tinggi yang menyuplai energi untuk tubuh, yang membantu seseorang dalam menjalani aktivitas harian. Di Indonesia, nasi putih dan nasi merah sering kali jadi pilihan untuk dikonsumsi. Kedua jenis nasi ini, selain mengenyangkan juga dipercaya membawa khasiat Kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Khususnya nasi merah, yang jadi favorit bagi mereka yang tengah menjalani program diet dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Iklan Dua Tengah

Selain sebagai makanan pokok yang didampingi oleh lauk pauk, nasi juga bisa dimasak sebagai menu utama seperti nasi liwet dan nasi tumpeng. Meskipun dalam praktiknya mengkonsumsi nasi liwet dan nasi tumpeng biasanya akan banyak lauk pauk yang mendampinginya, baik nasi liwet atau nasi tumpeng sudah memiliki rasa walau hanya dikonsumsi tanpa lauk pauk.

Mengkonsumsi nasi baik merah maupun putih merupakan kebutuhan dari masing-masing konsumen. Namun yang perlu di ingat adalah terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat juga dapat memunculkan beberapa penyakit yang berbahaya bagi Kesehatan manusia seperti diabetes dan obesitas.

Maka dari itu untuk tetap menjaga Kesehatan tubuh, konsumsi makanan sesuai takaran dan perhatikan kebutuhan serat dan protein harian juga. Tentunya jangan lupa berolahraga.

Iklan Tiga Bawah