Tidak hanya GILI TRAWANGAN! | Pilihan saat Liburan Ke Lombok

Iklan Satu Atas

solorayaberita.com – Pilihan saat Liburan Ke Lombok – Siapa yang tidak mengenal wisata gili trawangan yang berada di Lombok tepatnya di Kabupaten Lombok Utara ini? Gili trawangan merupakan tempat wisata yang kerap dikunjungi wisatawan baik local maupun mancanegara yang melakukan perjalanan liburan ke Lombok. Selain Pantai dan bawah lautnya yang indah dan menarik, pulau ini juga menawarkan wisata yang privat karena keberadaanya yang cukup jauh dari pulau utama Lombok.

Gili trawangan merupakan salah satu pulau dari gili matra. Gili matra sendiri merupakan Kumpulan gili yang terdiri dari Gili trawanga, Gili Air dan Gili meno. Namun pada kenyataanya orang lebih mengenal gili trawangan meskipun mereka diajak untuk menikmati kedua gili lainnya. Selain keindahan alamnya, gili trawangan juga menawarkan wisata malam yang menarik, terdapat beberapa club malam yang bisa anda datangi untuk menghabiskan malam liburan anda.

Namun siapa sangka di Provinsi NTB ini memiliki banyak potensi wisata berbasi pulau yang tidak kalah indah dan eksotis dibandingkan dengan gili trawangan. Seperti yang akan kita bahas sekarang yaitu ada 2 pulau yang cukup ramai dikunjungi olwh wisatawan mancanegara karena keindahan dan sejarahnya yang mebuat para touris sangat senang mengunjunginya. Pulau tersebut yaitu Pulau Moyo dan Pulau Satonda.

Iklan Dua Tengah

Pulau Moyo dan Pulau Satonda merupakan Kawasan yang telah di tetapkan menjadi Taman Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia pada tahun 2022 lalu dengan naman Taman Nasional Moyo Satonda. Taman Nasional yang terdiri dari 2 pulau tersebut berada didalam administrasi Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat. Lalu apa yang kedua pulau ini tawarkan sehhingga banyak wisatawan benyak yang ingin mengunjunginya? Mari kita bahas satu per satu.

Baca juga : Pilihan Liburan Sederhana Bersama Keluarga

Pulau Moyo

Pulau moyo terletak di dalam administrasi Kabupaten Sumbawa yang kurang lebih berjarak 150 km dari pulau Lombok dan harus melakukan penyebrangan 2 kali jika anda melakukan perjalanan darat. Di pulau ini terdapat beberapa air terjun yang sangat fenomenal yaitu air terjun Mata Jitu dan Air Terjun Sanglo. Konon diceritakan bahwa air terjun mata jitu pernah dikunjungi oleh lady Diana pada masa lampau. Kenapa sebegitu fenomenal sehingga istri dari putra mahkota Kerajaan Inggris datang dan berlibur di air terjun Mata Jitu. Air terjun ini terdapat di Tengah pulau moyo yang cukup sulit untuk dijangkau dan kondisi dari air terjun tersebut sangat bersih dengan air yang mengalir deras. Di lokasi air terjun mata jitu ini juga tidak hanya terdapat 1 air terjun melainkan ada beberapa spot air terjun yang bisa dinikmati keindahannya. Tepatnya ada 4 undakan air terjun dan 7 kolam yang saling berkaitan. Nama mata jitu sendiri diartikan sebagai mata air yang jatuh tepat mengenai kolam yang berada dibawahnya. Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk teman-temang yang menginginkan ketenangan dengan deru suara air dan suara satwa liar yang masih sangat alami.

Pilihan saat Liburan Ke Lombok – Nah untuk menikmati keindahan air tejun mata jitu ini pengunjung akan dikenakan tarif yang berlaku disana. Menurut penuturan Balai Konservasi Sumber Daya Alam NTB (BKSDA NTB) selaku instansi pengelola Kawasan Konservasi Pulau Moyo dan Air terjun Mata Jitu tersebut tari yang dikenakan kepada pengunjung yaitu untuk wisatawan local atau WNI sebesar 5.000 rupiah pada hari kerja (senin-jumat) dan 7.500 rupiah untuk hari libur (sabtu-minggu dan hari libur lainnya). Sedangkan untuk wisatawan mancanegara (WNA) akan dikenakan tarif 150.000 rupiah pada hari kerja dan 225.000 untuk hari libur. Lantas bagaimana cara untuk mencapai air terjun Mata Jitu tersebut?

Jika anda berasal dari luar pulau Sumbawa, anda dapat menggunakan moda transportasi udara dan turun di bandara Sumbawa. Dari bandara anda harus menuju Pelabuhan bada dan melanjutkan perjalanan menggunakan perahu nelayan menuju ke desa Labuan Aji Kabupaten Sumbawa dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Sesampainya di desa Labuan Aji anda dapat memilih melakuka trakking atau menggunakan jasa ojek warga setempat untuk menuju ke Air terjun Mata Jitu. Perjalanan dari desa Labuan Aji menuju ke air terjun Mata Jitu dapat ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 1,5 jam perjalanan, sedangkan jika menggunakan ojek memakan perjalana kurang lebih 30 menit. Jika anda menggunakan jasa ojek dan anda akan melakukan camping, maka pada ke esokan harinya anda akan dijemput sesuai dengan kesepakatan yang telah anda sepakati dengan ojek tersebut.

Pilihan saat Liburan Ke Lombok – Untuk diketahui, selain air terjun mata jitu juga terdapat pilihan lainnya yang dapat teman-teman eksplor di pulau moyo, antara lain air terjun Sanglo, wisata bawah air, bird watching dan lain sebagainya. Di pulau moyo sendiri memiliki satwa langka yang keberadaanya cukup terancam punah, yaitu terdapat burung Kakaktua kecil jambul kuning yang teman-teman dapat nikmati keindahannya dengan bird watching dan tentunya harus ada pendampingan dari petugas BKSDA NTB.

Tentunya masih banyak tempat lain di NTB yang dapat dikunjungi, seperti pulau Satonda yang terkenal dengan danau asinnya, pulau kenawa yang sering dilakukan sebagai tempat olahraga para laying dan tempat-temapt lain yang sangat layak untuk teman-teman kunjungi. Dari tempat-tempat tersebut akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Semangat bekerja agar kita bisa jalan-jalan ke tempat-tempat yang indah.

Iklan Tiga Bawah