TIPS MENGGORENG SINGKONG AGAR LEMBUT DAN GURIH

Iklan Satu Atas

Berita Solo Raya – Di era sekarang, singkong lebih banyak dikenal dengan kripiknya. Keripik singkong yang dahulu bahkan banyak dijual eceran sekarang sudah mulai diproduksi dengan lebih premium lagi dengan kemasan yang menarik serta dijual mulai dari toserba kecil hingga toserba besar.

Sangat jarang kita penjual yang menjual singkong keju, getuk, tiwul, gaple’ dan lainnya. Padahl dahulu jajanan ini bis akita temukan dengan mudah karena banyak dijajakan oleh penjual keliling. Hingga, banyak anak generasi sekarang yang tidak menyukai olahan-olahan singkong tersebut, bahkan tidak sedikit dari mereka yang tidak tahu olahan singkong tersebut.

Singkong Lebih Sehat dari Pada Nasi dan Kentang

Iklan Dua Tengah

Meskipun singkong sering dipandang sebelah mata, namun siapa sangaka dibalik jenis umbi satu ini memiliki segudang manfaat. Tanaman yang satu ini mengandung banyak nutrisi. Dibandingkan nasi dan kentang, kandungan glikemik pada singkong lebih rendah. Sehingga, tanaman satu ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Dalam 100gram singkong, kadar kalorinya sebanyak 154 dan kadar indeks glikemiknya. Sementara dalam jumlah gram yang sama, kadar kalori nasi putih yaitu sebesar 190 dan glikemiknya 80 hingga 90. Sementara dalam kentang dengan jumlah gram yang sama, kadar kalorinya 62 dan glikemiknya 55 hingga 70. Hal ini lah yang menyebabkan singkong justru baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain bagi penderita diabetes, singkong juga baik untuk penderita gangguan ginjal karena proteinnya rendah. Protein yang rendah namun tetap membuat kenyang inilah yang membuat singkong lebih baik menjadi sumber pangan dan juga sebagai sumber karobihidrat.

Selain itu, jenis umbi satu ini banyak ditemukan di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan masuknya Indonesia sebagai negara penghasil singkong terbanyaak keempat di dunia setelah Nigeria, Thailand dan Brasil. Produksi singkong di Indonesia per tahun bisa mencapai 19-20 juta ton.

Tips menggoreng singkong

Banyaknya singkong yang dihasilkan di Indonesia membuat makanan berbahan singkong menjadi bervariasi. Salah satu olahan singkong yang paling sering dijumpai dan paling  mudah dibuat ialah singkong goreng.

Banyak orang mengeluhkan singkong goreng yang masih keras dan bumbunya tidak meresap. Berikut cara menggoreng singkong agar lebih empuk dan gurih:

Bahan-bahan

2kg singkong

6 buah bawang putih

2 sdm ketumbar bubuk

2 sdm garam/penyedap rasa/masako

Secukupnya air untuk merebus singkong

1 mangkuk besar air dingin/ air es

Langnkah-langkah

Membuat bumbu:

  • Kupas bawang putih
  • Haluskan bawang putih. Boleh menggunakan copper, blender ataupun cobek.
  • Sisihkan bumbu terlebih dahulu

Merebus singkong:

  • Kupas singkong terlebih dahulu
  • Cuci singkong di air bersih. Lalu tiriskan
  • Potong singkong dengan ukuran dua ruas jari atau sesuai selera
  • Rebus air hingga mendidih
  • Setelah air mendidih, masukkan bumbu, penyedap rasa, dan singkongnya.
  • Rebus singkong hingga setengah matang saja. jangan merebusnya sampai matang karena jika direbus hingga matang, singkong mudah remuk ketika digoreng
  • Setelah setengah matang, angkat lalu langsung masukkan singkong ke air es. Pastikan semua singkong terendam air es. Sehingga, dibutuhkan air es yang cukup banyak.
  • Tunggu beberapa saat hingga singkong merekah.
  • Setelah singkong dirasa sudah merekah, tiriskan singkong dari air es

Menggoreng singkong:

  • Kemudian, goreng singkong menggunakan api sedang. Saat menggoreng singkong, jangan terlalu sering dibolak-balik agar singkong tidak remuk saat di goreng.
  • Angkat singkong jika warnanya sudah keemas an. Lalu tiriskan
  • Singkong siap untuk disajikan

Singkong lebih nikmat disajikan dengan teh panas maupun kopi panas.

Takaran pada resep diatas bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Apabila kamu lebih suka singkong dengan rasa yang lebih asin, kamu bisa menambahkan garam. Namun apabila kamu suka singkong dengan rasa manis, kamu juga bisa menambahkan gula. Sementara untuk kamu yang lebih suka rasa original singkong, kamu tidak perlu menambahkan bumbu saat merebusnya.

 

Iklan Tiga Bawah